Sabtu, Oktober 08, 2011

Keseleo

hello folks!

Udah hampir dua mingguan lebih gak megang ini tuts. Tanganku masih keder kalo pegang bolpoin, dari rabu sampe kamis pagi kemaren ngebut buat nulis praktikum biologi. Nulis praktikum biologi itu kayak nulis surat cinta, sob. Yang kalo tiap kali kita salah nulisnya, harus masuk tempat sampah dipojokan kamar.

Bedanya kalo surat cinta butuh feel buat nulis, butuh rasa, butuh cinta. Kalo praktikum, boro-boro cinta, gombal dikit aja mungkin udah dicoret. 

Pokoknya ini laporan praktikum harus pake "tata bahasa indonesia yang baik, benar dan sistematis". Kalo akhir kalimat ya dikasih titik, bukan dikasih upil. Kalo mau bikin klausa penyambung informasi antara satu kalimat dengan lainnya ya harus dipakein kata hubung. Tulisannya pun harus bisa dibaca dan GEDE-GEDE (sori, sob, emang biar berasa, gua nulisnya gede gitu).

Oke, Jum'at kemaren emang jadi medan perang buat para penggembira praktikum.
Temen-temen pada ngapalin buku panduan praktikum, ada yang komat-kamit, ada yang diem tapi matanya muter-muter lirik-lirik ke sana ke mari, ada yang makan, ada yang bingung, terakhir ada yang bengong ngeliatin akhwat.

jangan ditanya, yang bengong itu pasti gua.  :3
jangan ditanyain akhwatnya siapa, ntar dia nengok.  :D
#digaplok

Pintu praktikum dibuka, dengan bermodalkan jas putih ala anak kedokteran kita ngantri d depan pintu, nunggu dipanggil sama asistennya (jadi inget, kayaknya ada yang ngajakin foto pake jas lab di bawah tulisan Fakultas Kedokteran, siapa ya? #wondering).

Oke, setelah masuk, kita pre-test.
Ada sekitar 8 jawaban yang gua gak yakin. Astaghhfirullah. mungkin gara-gara gua dicuci otak lupa belajar waktu nganter temen gua, Ferli, sidang di pengadilan Yogyakarta.
Kalo gak salah, "reaksi apa saja yang terjadi pada fotosintesis" sama "sebutkan tiga hasil dari respirasi".
Dodolnya gua jawab reaksi terang sama reaksi gelap. Secara masih "SMA-minded", gua kira gak belajar aja masih bisa dikejar lah. Ternyata jawabannya salah.
#nangisdarah

Oke, habis menyesali pre-test, langsung percobaan. Kelompok satu (punyaku) langsung dapet percobaan "Mengamati Laju Fotosintesis Hydrilla verticillata".

Kenapa Hydrilla yang dipake? Soalnya kalo tanaman air kan gampang pengamatannya (cuma liatin oksigen terlarut di dalem tabung reaksi doang). Sebetulnya pohon mangga bisa, tapi susah.
Woke, percobaan pertama!
Gua jadi bubble-counter a.k.a tukang ngitungin gelembung.
Noni sama Hans jadi time-keeper.
Asti jadi notulen.
Dodolnya, gelembung yang keluar kecil-kecil, banyaaaaaaaak banget. ASEM!
Tanganku hampir keseleo.

15 menit berlalu, gelembung yang bisa keitung (gak tau deh kelewatan ato kebanyakan) mencapai 3580-an gelembung.

Gua bersyukur, bisa istirahat. Kalo dideket situ ada abang-abang tukang urut, udah gua booking kali.

Tidak ada komentar: